Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
WORLDWARHISTORY

SEJARAH PERANG DUNIA

Misteri dan Sejarah Dari Kota Atlantis yang Tenggelam

Misteri dan Sejarah Dari Kota Atlantis yang Tenggelam

Misteri dan Sejarah Dari Kota Atlantis yang Tenggelam

Misteri dan Sejarah Dari Kota Atlantis yang Tenggelam - Jika tulisan filsuf Yunani kuno Plato tidak mengandung begitu banyak kebenaran tentang kondisi manusia, namanya akan dilupakan berabad-abad yang lalu.

Tetapi salah satu kisahnya yang paling terkenal — penghancuran besar-besaran peradaban kuno Atlantis — hampir pasti salah. Jadi mengapa kisah ini masih diulangi lebih dari 2.300 tahun setelah kematian Plato?

"Ini adalah kisah yang menangkap imajinasi," kata James Romm, seorang profesor klasik di Bard College di Annandale, New York. "Itu adalah mitos yang hebat. Ada banyak elemen yang orang suka berfantasi."

Plato menceritakan kisah Atlantis sekitar 360 SM. Para pendiri Atlantis, katanya, adalah setengah dewa dan setengah manusia. Mereka menciptakan peradaban utopis dan menjadi kekuatan angkatan laut yang hebat. Rumah mereka terdiri dari pulau-pulau konsentris yang dipisahkan oleh parit-parit lebar dan dihubungkan oleh sebuah kanal yang menembus ke tengah. Pulau-pulau yang subur berisi emas, perak, dan logam mulia lainnya dan mendukung banyak satwa liar eksotis yang langka. Ada ibu kota besar di pulau tengah.

Ada banyak teori tentang di mana Atlantis berada — di Mediterania, di lepas pantai Spanyol, bahkan di bawah apa yang sekarang disebut Antartika. "Pilih tempat di peta, dan seseorang mengatakan bahwa Atlantis ada di sana," kata Charles Orser, kurator sejarah di New York State Museum di Albany. "Setiap tempat yang bisa kamu bayangkan."

Plato mengatakan Atlantis ada sekitar 9.000 tahun sebelum masanya, dan bahwa kisahnya telah diturunkan oleh para penyair, pendeta, dan lainnya. Tetapi tulisan-tulisan Plato tentang Atlantis adalah satu-satunya catatan keberadaannya yang diketahui.

Mungkin Berdasarkan Peristiwa Nyata?

Beberapa, jika ada, para ilmuwan berpikir Atlantis benar-benar ada. Penjelajah samudera Robert Ballard, penjelajah tempat tinggal National Geographic yang menemukan bangkai kapal Titanic pada tahun 1985, mencatat bahwa "tidak ada pemenang Nobel" yang mengatakan bahwa apa yang ditulis Plato tentang Atlantis adalah benar.

Meski begitu, kata Ballard, legenda Atlantis adalah "logis" sejak banjir besar dan ledakan vulkanik telah terjadi sepanjang sejarah, termasuk satu peristiwa yang memiliki beberapa kesamaan dengan kisah kehancuran Atlantis. Sekitar 3.600 tahun yang lalu, letusan gunung berapi dahsyat menghancurkan pulau Santorini di Laut Aegea dekat Yunani. Pada saat itu, masyarakat Minoa yang sangat maju tinggal di Santorini. Peradaban Minoan menghilang tiba-tiba pada waktu yang hampir bersamaan dengan letusan gunung berapi.

BACA JUGA TENTANG -  Sejarah yang Tidak Terungkap Tentang Babilon

Tetapi Ballard tidak berpikir Santorini adalah Atlantis, karena waktu letusan di pulau itu tidak bersamaan ketika Plato mengatakan Atlantis hancur. Romm percaya Plato menciptakan kisah Atlantis untuk menyampaikan beberapa teori filosofisnya. "Dia berurusan dengan sejumlah masalah, tema yang ada di seluruh karyanya," katanya. "Gagasannya tentang sifat ilahi versus manusia, masyarakat ideal, korupsi masyarakat manusia secara bertahap gagasan-gagasan ini semuanya ditemukan dalam banyak karyanya. Atlantis adalah kendaraan yang berbeda untuk mendapatkan beberapa tema favoritnya."

Legenda Atlantis adalah kisah tentang orang-orang bermoral dan spiritual yang hidup dalam peradaban utopis yang sangat maju. Tetapi mereka menjadi serakah, picik, dan "bangkrut secara moral," dan para dewa "menjadi marah karena orang-orang tersesat dan beralih ke pencarian amoral," kata Orser.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post