Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
WORLDWARHISTORY

SEJARAH PERANG DUNIA

Sejarah yang Mungkin Kalian Belum Ketahui Tentang Perang Dunia Pertama

Sejarah yang Mungkin Kalian Belum Ketahui Tentang Perang Dunia Pertama

Sejarah yang Mungkin Kalian Belum Ketahui Tentang Perang Dunia Pertama

Sejarah yang Mungkin Kalian Belum Ketahui Tentang Perang Dunia Pertama - Tahun 2018 menandai seratus tahun Gencatan Senjata mengakhiri Perang Dunia Pertama. Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa peristiwa sejarah yang mengubah dunia ini menandai garis pemisah antara Amerika yang historis dan modern. Perang secara drastis mengubah dunia, mendorong Amerika Serikat ke panggung global dan mengekspos jutaan orang Amerika ke tanah asing dan perang modern. Segera setelah perang meletus di Eropa pada tahun 1914, meskipun negara mereka tetap netral, Amerika terlibat dalam upaya perang baik secara individu maupun melalui organisasi. Setelah perang berkecamuk di "sana" selama hampir tiga tahun, Amerika Serikat secara resmi melakukan intervensi pada April 1917.

Museum Nasional Sejarah Amerika memiliki beragam koleksi yang menunjukkan sejarah transformatif Perang Dunia I dan partisipasi Amerika Serikat di dalamnya. Objek dan kisah mereka membantu menerangi partisipasi sipil, hak-hak sipil, kesukarelaan, dinas militer wanita, pengalaman minoritas, seni dan budaya visual, pengembangan teknologi medis dan teknologi baru perang dan perdamaian. Di situs ini, kami akan membagikan koleksi Museum Perang Dunia I, pameran dan pemrograman online, dan penelitian. Ini akan diperbarui secara teratur dan ditambah dengan konten tambahan.

Apa yang menyebabkan Perang Dunia I dan apa pengaruhnya?

Itu dikenal sebagai "Perang Hebat" —sebuah konflik darat, udara, dan laut yang begitu mengerikan, menyebabkan lebih dari 8 juta personel militer dan 6,6 juta warga sipil tewas. Hampir 60 persen dari mereka yang berjuang mati. Bahkan lebih banyak lagi yang hilang atau terluka. Hanya dalam empat tahun antara tahun 1914 dan 1918, Perang Dunia I mengubah wajah perang modern, menjadi salah satu konflik paling mematikan dalam sejarah dunia.

BACA JUGA TENTANG -  Sejarah Tentang Perang Dunia 2 yang Anda Harus Ketahui

Penyebab Perang Besar

Perang Dunia I memiliki berbagai sebab, tetapi akarnya berada dalam jaringan aliansi yang kompleks antara kekuatan-kekuatan Eropa. Pada intinya adalah ketidakpercayaan antara - dan militerisasi di - "Triple Entente" informal (Inggris Raya, Perancis, dan Rusia) dan rahasia "Triple Alliance" (Jerman, Kekaisaran Austro-Hungaria, dan Italia).

Para pemain paling kuat, Inggris Raya, Rusia, dan Jerman, memimpin kerajaan kolonial di seluruh dunia yang ingin mereka kembangkan dan lindungi. Selama abad ke-19, mereka mengkonsolidasikan kekuatan mereka dan melindungi diri mereka sendiri dengan membentuk aliansi dengan kekuatan Eropa lainnya.

Pada Juli 1914, ketegangan antara Triple Entente (juga dikenal sebagai Sekutu) dan Triple Alliance (juga dikenal sebagai Central Powers) tersulut dengan pembunuhan Archduke Franz Ferdinand, pewaris takhta Austria-Hongaria, oleh seorang Serbia Bosnia nasionalis saat berkunjung ke Sarajevo. Austria-Hongaria menyalahkan Serbia atas serangan itu. Rusia mendukung sekutunya, Serbia. Ketika Austria-Serbia mendeklarasikan perang terhadap Serbia sebulan kemudian, sekutu mereka ikut serta dan benua itu berperang.

Penyebaran Perang yang Sangat Mewabah

Segera, konflik telah meluas ke dunia, mempengaruhi koloni dan negara-negara sekutu di Afrika, Asia, Timur Tengah, dan Australia. Pada 1917, Amerika Serikat memasuki perang setelah lama tanpa intervensi. Pada saat itu, teater utama perang — Front Barat di Luksemburg, Belanda, Belgia, dan Prancis — adalah lokasi jalan buntu yang mematikan.

Meskipun ada kemajuan seperti penggunaan gas beracun dan tank lapis baja, kedua belah pihak terjebak dalam perang parit yang menelan banyak korban. Pertempuran seperti Pertempuran Verdun dan Pertempuran Somme Pertama adalah di antara yang paling mematikan dalam sejarah konflik manusia.

Dibantu oleh Amerika Serikat, Sekutu akhirnya menerobos dengan Serangan Seratus Hari, yang menyebabkan kekalahan militer Jerman. Perang secara resmi berakhir pada 11:11 pada 11 November 1918.

Pada saat itu, dunia berada dalam genggaman pandemi influenza yang akan menginfeksi sepertiga populasi global. Revolusi pecah di Jerman, Rusia, dan negara-negara lain. Sebagian besar Eropa hancur. "Shell shock" dan efek samping keracunan gas akan merenggut ribuan nyawa lagi.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post